Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula

December 15, 2020 by No Comments

Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.

Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda! situs slot pragmatic

 

Cara memilih gitar akustik untuk pemula

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli gitar akustik terutama untuk pemula. Simak penjelasan kami berikut ini.

Pilih gitar yang ukurannya sesuai untuk Anda

Saat belajar memainkan gitar akustik untuk pertama kalinya, Anda sebaiknya menggunakan gitar dengan ukuran yang tepat. Ukuran gitar akan memengaruhi kemudahan memainkannya. Berdasarkan ukurannya, ada tiga tipe gitar akustik. Masing-masing tipe memiliki karakteristik tersendiri. Anda bisa memilih tipe yang paling sesuai dengan preferensi pribadi.

 

Tipe dreadnought, gitar ukuran standar untuk beragam jenis musik

Tipe-dreadnought

Gitar dreadnought adalah gitar dengan ukuran yang paling standar. Tipe inilah yang umum digunakan di berbagai kelas musik. Anda bisa memainkan banyak jenis musik dengan gitar tipe ini. Gitar ini tergolong balance dalam kemampuannya untuk menghasilkan nada tinggi maupun rendah. Jika Anda belum yakin akan jenis musik yang hendak dimainkan, tipe ini adalah pilihan terbaik. Untuk berlatih memainkan chord pun gitar ini layak dipertimbangkan.

Namun, Anda perlu memperhatikan juga akan ukurannya. Tidak hanya pada bagian bodi, leher gitarnya pun memiliki ukuran yang cenderung besar. Terutama untuk wanita, anak-anak, atau orang yang bertubuh kecil, hal tersebut bisa terasa menyulitkan.

 

Tipe folk, kecil dan mudah digenggam oleh wanita dan orang bertubuh kecil

Tipe-folk

Gitar tipe folk memiliki ukuran yang lebih kecil daripada gitar tipe dreadnought. Hal tersebut membuatnya mudah dimainkan oleh orang bertubuh kecil dan sangat pas untuk dipilih oleh para wanita. Gitar berukuran besar tidak hanya lebih sulit dibawa, tetapi juga lebih sulit dimainkan oleh pemula. Sebaliknya, gitar folk neck-nya lebih mudah dipegang, Anda pun bisa berlatih dengan lebih leluasa.

Suara high-pitched yang menawan pun mudah dihasilkan oleh gitar folk, hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri. Gitar folk sudah pasti pas digunakan untuk latihan chord gitar. Bahkan, produk ini juga cocok Anda pilih untuk memainkan melodi gitar atau arpeggio.

 

Tipe mini, ukuran paling kecil untuk anak-anak atau orang bertenaga kecil

Tipe-mini

Tipe ini paling direkomendasikan untuk anak-anak atau orang yang kekuatan fisiknya kecil. Anda yang daya genggamnya tidak terlalu kuat atau memiliki tangan kecil bisa menjadikan tipe ini sebagai opsi. Gitar mini memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan gitar folk. Selain itu, senarnya pun tidak terlalu tertarik kencang sehingga dengan sedikit tenaga pun senarnya sudah tertekan sempurna. Karakteristik tersebut membuatnya tepat digunakan oleh anak kecil yang baru pertama kali mencoba memainkan gitar.

Ukurannya yang kecil juga memudahkan Anda untuk membawanya ke berbagai tempat, misalnya untuk camping atau kegiatan lainnya. Suara yang dihasilkan gitar mini pun kecil. Sangat pas untuk Anda yang ingin berlatih di rumah tanpa takut menghasilkan suara nyaring yang bisa mengganggu sekitar. Namun, tuning gitarnya sendiri lebih rentan berubah sehingga Anda perlu menyetemnya lebih sering.

 

Gitar acoustic electric, sangat pas untuk bermain live

Gitar-acoustic-electric

Anda akan sering perform di panggung atau tempat lainnya? Gitar acoustic electric sangat pantas dijadikan partner bermusik!

Gitar akustik biasa bisa langsung Anda mainkan tanpa membutuhkan amplifier. Berbeda dengan gitar listrik, suaranya pun warm dan sangat khas. Namun, gitar akustik biasa memiliki suara yang terlalu kecil untuk digunakan saat tampil live. Bisa saja Anda menggunakan mikrofon, tetapi pengaturannya tidak mudah dan suara yang tertangkap pun kurang maksimal.

Sementara itu, gitar acoustic electric bisa Anda mainkan di rumah layaknya memainkan gitar akustik biasa. Selain itu, dengan menghubungkannya ke amplifier menggunakan kabel jack, gitar acoustic electric bisa menghasilkan suara besar. Layaknya gitar elektrik, gitar acoustic electric pun siap dimainkan untuk berbagai penampilan live!

 

Gitar top only veneer atau all plywood lebih direkomendasikan

veneer-atau-all-plywood

Bagian bodi gitar akustik biasanya dibuat dengan mengombinasikan berbagai kayu. Berdasarkan struktur kayunya, ada tiga tipe gitar akustik, yaitu all veneer, all plywood, dan top only veneer. Untuk pemula, gitar akustik top only veneer lebih direkomendasikan. Agen Slot Joker

Veneer adalah lembaran kayu yang belum diproses, sementara plywood merupakan lembaran yang dibuat dari gabungan beberapa jenis kayu. Gitar akustik all veneer mampu menghasilkan suara cantik, tetapi memiliki harga yang tinggi. Hal tersebut membuatnya kurang pas dipilih untuk pertama kali oleh pemula.

Nah, jika Anda mengutamakan harga yang terjangkau, gitar akustik all plywood adalah opsi tepat. Sebaliknya, bagi Anda yang ingin merasakan kualitas suara lebih mumpuni, produk top only veneer adalah pilihannya. Terlepas dari hal tersebut, bila Anda memang memiliki dana yang memadai, gitar all veneer tentu layak untuk dimiliki. Meski demikian, sangat disayangkan gitar akustik yang dijual di Indonesia jarang sekali mencantumkan hal ini.